info@mikti.org

Home » Berita » Tips Startupmu Bisa Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Startupmu Bisa Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Kehadiran wabah Covid-19 sudah memperlambat aktivitas ekonomi di bermacam- macam bidang usaha, tidak terkecuali industri rintisan        (startup). Penjualan produk menyusut serta berakibat pada pengurangan pemasukan. Untuk mempertahankan bisnisnya, segala macam usaha juga sudah dicoba oleh para startup.

 

Bersumber pada harian Sekolah Bisnis Harvard yang dilansir dari Tech in Asia, terdapat 4 metode yang diambil oleh industri pada saat menangani resesi serta krisis. Apa sajakah itu?  Yuk simak tips berikut agar startup kalian bisa bertahan di kala pandemi Covid-19.

 

1. Pencegahan (Prevention)

Langkah pencegahan fokus pada pemotongan pengeluaran secara besar-besaran. Umumnya, pendekatan ini berdampak pada penurunan kualitas produk serta kepuasan pelanggan.

 

2. Promosi (Promotion)

Kebalikan dari pendekatan sebelumnya, langkah ini bersifat optimis. Umumnya, startup yang melakukan pendekatan ini memiliki pelanggan yang mengutamakan nilai yang baik.

 

3. Pragmatis (Pragmatic)

Pendekatan pragmatis mengombinasikan karakteritik pencegahan dan promosi. Startup yang mengambil pendekatan pragmatis umumnya mengandalkan pengurangan jumlah pegawai.

 

4. Progresif (Progressive)

Melalui pendekatan progresif, perusahaan berupaya menyeimbangkan pencegahan dan promosi dengan mengevaluasi seluruh aspek dalam model bisnisnya. Dari situ, startup bakal mengambil kebijakan jangka pendek untuk efisiensi biaya saat ini sampai permintaan kembali pulih, tanpa melakukan PHK.

 

Dampak dari pandemi Covid-19 memang sangat besar bagi sektor bisnis digital seperti startup. Tapi beberapa hal di atas bisa kalian coba lakukan untuk mencegah dan menanggulangi kerugian pada startup kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *