info@mikti.org / +62 812 8977 2256

Home » Berita » Tips Mencari Kerja di Masa Pandemi

Tips Mencari Kerja di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia sudah terjadi selama 6 bulan. Perkembangan pandemi COVID-19 yang tak kunjung membaik memberikan banyak dampak bagi beberapa sektor perusahaan. Ekonomi yang semakin melemah, kegiatan-kegiatan yang terhambat serta produksi dan penjualan yang menurun menjadi faktor utama sebuah perusahaan banyak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya.

Dikutip dari tirtoid bahwa Bappenas memprediksi jumlah pengangguran akan bertambah dibandingkan tahun 2019, yakni sekitar 4-5,5 juta orang. Sedangkan tahun depan diperkirakan jumlah pengangguran akan meningkat 10,7-12,7 juta orang. Dengan data ini, membuat persaingan dalam mencari kerja akan semakin ketat. Terlebih lagi saat ini banyaknya fresh graduate yang juga ikut melamar pekerjaan.

Lalu bagaimana menyikapi hal tersebut? Tidak perlu terlalu khawatir, bersaing dalam mencari pekerjaan bukanlah membuat tidak adanya peluang untuk mencoba. Sebuah tips dalam mencari kerja di masa pandemi dikutip dari tirtoid.

  1. Selektif dalam mencari kerja

Dimasa pandemi, sangat disarankan untuk para pelamar pekerjaan lebih selektif saat memilih pekerjaan yang dituju. Mencari detail informasi tentang perusahaan tersebut dan usahakan perusahaan tersebut melakukan pekerjaan secara remote atau working from home untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19.

  1. Sesuaikan dengan Latar Belakang Pendidikan dan Kemampuan

Untuk para pelamar kerja, perlu diperhatikan saat melamar pekerjaan posisi yang diinginkan harus sesuai dengan latar belakang Pendidikan atau kemampuan yang dimiliki. Selama pandemi masyarakat yang melamar kerja dan butuh pekerjaan semakin banyak sehingga perusahaan akan melakukan seleksi secara ketat sebelum menerima karyawan baru.

  1. Fleksibel

Menjadi fleksibel dengan tidak terlalu berharap pada pekerjaan full time. Sekarang ini, peluang pekerjaan fulltime mulai berkurang. Sehingga manfaatkan peluang pekerjaan freelance sekaligus mengasah kemampuan dan relasi.

  1. Berpikir kreatif

Memanfaatkan situasi pandemi dengan terus mengasah kreatifitas. Walaupun belum menerima panggilan dari perusahaan usahakan tetap terus produktif dengan mengikuti kursus-kursus untuk mengasah kemampuan.

Mencari pekerjaan dimasa pandemi dapat di katakan lebih menantang dari biasanya namun, percayalah bahwa masih tersedianya peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Tanamkan sifat untuk selalu berusaha, jangan menyerah serta terus belajar untuk mengasah kemampuan yang dimiliki. Agar dapat sukses dalam melamar pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *