info@mikti.org / +62 812 8977 2256

Home » Berita » Pentingnya Company Profile untuk Startup

Pentingnya Company Profile untuk Startup

Perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini berdampak ke berbagai aspek diantaranya dunia bisnis. MIKTI mencatat pada tahun 2018 terdapat 992 perusahaan rintisan, riset tersebut termuat dalam buku Mapping & Database Startup Indonesia 2018. Berarti dapat dilihat bahwa di era digital sekarang ini peluang dalam membuka usaha bisnis atau perusahaan rintisan menjadi hal yang sangat diminati masyarakat. Hal tersebut membuat para pebisnis atau penggiat startup banyak memulai usaha sebagai penyedia jasa pembuatan website sekaligus membantu pembuatan company profile untuk perusahaan mereka.

Kenapa perusahaan harus memiliki sebuah company profile?

Company profile dianggap sebagai hal penting untuk para pengusaha yang akan memulai bisnis atau membangun sebuah perusahaan. Company profile seperti representasi dari sebuah perusahaan, dimana orang yang belum mengenal perusahaan Anda. Ketika pertama kali mereka mengakses perusahaan Anda, maka company profile lah yang menjadi wajah dari perusahaan Anda atau kesan pertama saat orang melihat perusahaan anda. Selain itu, membangun identitas citra perusahaan Anda dapat dilakukan dengan adanya company profile. Namun, Anda harus memperhatikan company profile yang dibuat, jika tidak memperhatikan company profile yang dibuat dengan baik nantinya company profile bisa memberikan citra buruk bagi perusahaan Anda. Selain itu, company profile juga merupakan target SEO yang tepat untuk sebuah perusahaan.

Banyaknya fungsi penting dari sebuah company profile membuat kita harus mempersiapkan company profile perusahaan Anda semaksimal mungkin. Selanjutnya terdapat tips untuk Anda dalam membuat company profile dengan menampilkan 4 karakteristik, yaitu:

  1. Passionate

Merupakan karakteristik yang menggambarkan gairah dan semangat dalam membuat produk atau jasa. Ciri khas dari karakteristik ini menjadi penyemangat dan menunjukkan keyakinan bahwa mereka mampu menjadi pemimpin dalam bidang industri mereka.

  1. Quirky

Merupakan karakteristik yang menggambarkan keberanian perusahaan untuk menantang kondisi pasar dengan menggunakan sudut pandang yang berlawanan dan anti mainstream.

  1. Irrelevant

Karakteristik yang memiliki kemiripan dengan Quirky dan menggambarkan keseriusan perusahaan dalam menggarap produk yang mereka buat, namun bersikap sangat santai terhadap hal-hal lain.

  1. Authentic

Ciri khas dari karakteristik ini adalah kejujuran, tidak banyak basa-basi, mengakui kesalahan yang ada, dan berpegang teguh pada ucapan dan janji yang telah dibuat.

Selain dengan 4 karakteristik diatas, penting untuk menjaga isi company profile agar tetap terlihat singkat, padat, jelas dan menarik. Tidak lupa juga untuk membuat company profile secara sistematis dan juga terstruktur. Jika Anda berencana membuat company profile perhatikan dengan sangat detail dalam membuat company profile yang menarik agar dapat meninggalkan kesan pertama yang baik bagi orang-orang yang melihat website atau company profile Anda.

Sumber: https://www.trentech.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *