info@mikti.org / +62 812 8977 2256

Home » Berita » Mengenal Dunia FinTech

Mengenal Dunia FinTech

Indonesia saat ini telah memasuki transformasi digital yang berkembang sangat pesat. Secara keseluruhan beberapa sektor industri di Indonesia sudah berbasis digitalisasi. Dikutip dari situs berita kompasiana, bahwa Indonesia saat ini berada pada posisi tren perkembangan ekonomi digital di Asia Tenggara yang pertumbuhannya terus meningkat setiap tahun.

Tren perkembangan ekonomi digital mampu membawa tren baru pada dunia finansial di Indonesia. Jika kita bandingkan dengan sepuluh tahun lalu, kita melakukan aktivitas finansial secara tradisional, transaksi dilakukan secara langsung dengan alat tukar uang dan kemanapun kita pergi perlu membawa uang tunai. Namun, berkat perkembangan teknologi, berbagai aktivitas finansial saat ini dapat dilakukan lebih mudah dan praktis sehingga hemat waktu dan tenaga.

Salah satu aktivitas finansial yang diciptakan secara praktis adalah inovasi transaksi dengan menggunakan smartphone, kemudian membayar dengan e-Money. Selain dari segi transaksi, saat ini berkat teknologi kita dapat melakukan investasi secara online yang bisa dilakukan secara mudah. Tanpa kita sadari bahwa fintech telah menjadi bagian dari kehidupan di era digitalisasi.

Berkenalan dengan fintech!

Fintech adalah singkatan dari financial technology, penggabungan antara teknologi dan sistem finansial atau keuangan. Menurut National Digital Research Centre (NDRC), fintech merujuk pada inovasi dalam bidang jasa finansial atau inovasi finansial yang diberi sentuhan teknologi modern.

Sedangkan dikutip dari situs resmi Bank Indonesia mendefinisikan financial technology sebagai hasil gabungan antara teknologi dan jasa keuangan, yang mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat. Jadi, sekarang ini transaksi dapat dilakukan secara jarak jauh tidak terbatas waktu dan hari.

Fintech sendiri juga memiliki banyak manfaat diantaranya memberikan kemudahan layanan finansial. Contoh nyata yang sangat jelas adalah dahulu sebelum adanya fintech ketika ingin mentransfer uang kita harus pergi ke ATM atau teller di bank. Hal tersebut memakan waktu yang lama karena kita harus mengantri dan mengisi form sebelum memberikan uang kepada teller. Namun, semenjak hadirnya fintech kita dapat memanfaatkan layanan finansial dengan mudah dengan memanfaatkan smartphone. Dalam smartphone, kita hanya perlu mengunduh aplikasi Bank yang biasa kita gunakan setelah itu kita memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melakukan transaksi ataupun bayar tagihan. Selain memberikan kemudahan dalam layanan, fintech juga mampu mendukung inklusi keuangan. Dikutip dari salah satu artikel berita dewaweb mengatakan bahwa fintech adalah alternatif solusi untuk membantu mencapai target inklusi keuangan tersebut. Layanan fintech berbasis online sehingga bisa lebih mudah diakses siapa pun asalkan memiliki jaringan internet.

Setelah kelebihan fintech dijelaskan, kita akan mengenal tentang jenis-jenis dari fintech. Fintech saat ini memiliki banyak produk dan layanan yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya:

  • Peer-to-peer (P2P) Lending dan Crowdfunding

P2P lending dan crowdfunding merupakan jenis marketplace finansial. Platform yang mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang bersedia memberikan dana untuk investasi. Contoh penyedia P2P lending adalah Modalku, sedangkan untuk contoh crowdfunding adalah KitaBisa.

  • Payment, clearing dan settlement

Yang termasuk dalam jenis ini adalah payment gateway atau e-wallet. Jika kita sering menggunakan e-wallet itu termasuk kedalam kategori payment, clearing dan settlement.

  • Manajemen risiko dan investasi

Jenis fintech kategori ini, dapat membantu kamu untuk memantau kondisi keuangan sekaligus melakukan perencanaan keuangan secara lebih mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengakses dari aplikasi yang ada di smartphone kamu.

  • Market Aggregator

Market aggregator merupakan portal yang mengumpulkan informasi terkait keuangan untuk disajikan pada pengguna. Informasi ini bermacam-macam seperti tips keuangan, investasi, kartu kredit dan sebagainya.

Setelah mengetahui jenis-jenis dari fintech, perlahan kita mulai kenal dengan dunia fintech. Keberadaan fintech adalah sebuah bukti bahwa teknologi mampu memberi kemudahan sekaligus membantu aktivitas masyarakat dalam dunia finansial. Fintech akan terus berinovasi dan berkembang kedepannya, diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan fintech dengan efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *