info@mikti.org / +62 812 8977 2256

Home » Berita » Inovasi Startup Menarik

Inovasi Startup Menarik

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah kecerdasan yang ditambahkan oleh manusia ke dalam suatu sistem teknologi, diatur dan dikembangkan dalam konteks ilmiah. AI saat ini menjadi salah satu tren teknologi yang sedang sangat bertumbuh, termasuk di startup Asia Tenggara. Pada acara Create Stage Echelon Asia Summit 2017 di Singapura, secara khusus dikompetisikan startup di bidang deeptech, startup dengan produk berbasis kecerdasan buatan. Salah satunya terdapat Kotak Makan Pintar, Kunci Pintu Pintar untuk Bisnis Properti, dan Video Analisis untuk Keamanan Rumah.

CryoWerx – Kotak Makan Pintar

Pengembangan ini berlatar belakang sebagai solusi untuk memaksimalkan penjualan produk makanan, terutama di jam-jam ketika para konsumen sulit untuk ke luar membeli makanan. Kotak makan pintar ini hampir mirip dengan lemari es atau pendingin makanan dan minuman yang biasa ditemui saat ini. Perbedaan dengan lemari es biasanya adalah akses untuk mendapatkan makanan di dalamnya karena menggunakan proses transaksi melalui aplikasi mobile. Semua proses pemesanan dan sebagainya diproses saat pengguna melakukan transaksi melalui aplikasi. Setelah selesai hingga proses pembayaran dan lain sebagainya, pengguna tersebut dapat mengunjungi ke kotak makan pintar dan melakukan scanning kode khusus yang dibuat melalui aplikasi ke dalam kotak makan pintar tersebut.

CryoWerx, membawa konsep ‘Grab & Go’ ke tingkat yang baru. Dengan Smart Fridge, konsumen cukup menggunakan aplikasi seluler untuk membuka kunci pintu, memilih pilihan makanan segar, mengambil item yang mereka suka, menutup pintu, dan selesai. Pembayaran secara otomatis dipotong setelah pintu ditutup.

Igloohome – Kunci Pintu Pintar untuk Bisnis Properti

Pada layanan penyewaan properti seperti Airbnb, ada sebuah permasalahan mendasar, namun sering diabaikan, yaitu proses pengambilan dan pengembalian kunci. Hal ini membuat sebuah inovasi bernama Igloohome muncul, menghadirkan sebuah perangkat engsel pintu pintar yang terintegrasi.

Cara kerjanya, ketika seseorang telah menyelesaikan transaksi untuk penginapan, maka akan di-generate sebuah kode satu kali pakai untuk masuk ke dalam rumah/kamar tersebut melalui kanal admin. Kemudian pengguna dapat menggunakan kode tersebut untuk membuka pintu. Kunci pintu yang dibuat tidak menggunakan konektivitas internet, namun menggunakan sistem yang mirip dengan konsep token internet banking. Igloohome menjalin kerja sama khusus dengan bisnis seperti Airbnb, HomeAway dan lainnya di Asia Tenggara.

SmartPeep – Video Analisis untuk Keamanan Rumah

Pada umumnya rumah saat ini sudah dilengkapi dengan CCTV untuk memantau kondisi sehari-hari. Namun adanya CCTV umumnya sebatas merekam aktivitas yang terjadi, belum sampai pada proses antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kejahatan. Untuk menyempurnakan sistem tersebut, SmartPeep dihadirkan. Cara kerjanya dengan melakukan analisis dari hasil tangkapan video kamera CCTV. Deteksi termasuk pada aktivitas orang di gerbang (melompat), aktivitas orang di sekitar rumah dan juga aktivitas pintu gerbang. Dengan analisis ini, SmartPeep mencoba memberikan notifikasi untuk antisipasi kepada pemilik rumah.

Sumber: www.dailysocial.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *