info@mikti.org

Home » Agenda » Gathering Online Nusantara, Berbagi Solusi Bersama di Tengah Pandemi

Gathering Online Nusantara, Berbagi Solusi Bersama di Tengah Pandemi

Beberapa perusahaan rintisan (startup) di bidang teknologi tengah berusaha untuk tetap hidup dan bertahan di kala pandemi virus corona (Covid-19). Startup di bidang pariwisata, transportasi, dan marketplace merupakan beberapa sektor yang terkena dampak dari pandemi.

Melihat fenomena ini, MIKTI dan beberapa komunitas startup di seluruh Indonesia mengadakan gathering online bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia membahas mengenai dampak dan solusi dari Covid-19 bagi startup Indonesia.

Gathering online ini dihadiri oleh Mira Tayyiba selaku Staf Ahli Kemko Bidang Ekonomi RI, Hari Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, perwakilan dari MIKTI seperti Joddy Hernady, M Andy Zaky dan Indra Purnama, serta perwakilan komunitas startup dari kota Bandung, Malang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Lombok, Kalimantan Selatan, Banyuwangi, Yogyakarta, dan Denpasar.

Kembali kepada dampak pandemi terhadap startup diketahui ada sejumlah kendala yang dihadapi para startup, di antaranya terjadi pembatalan project, pembiayaan invoice yang ditunda, investasi yang sudah commited banyak ditunda oleh investor, serta menurunnya potensi pada project baru yang sedang digarap. Hal ini dapat mengakibatkan banyak startup tidak bisa bertahan untuk satu hingga dua bulan ke depan sehingga akan ada penundaan investasi dari perusahaan venture capital.

Berkaca pada masalah yang ada, Kemenko Bidang Perekonomian, KEMENPAREKRAF dan Telkom Indonesia mendukung, memberi solusi dan akan mengkaji kembali terkait permasalahan startup selama wabah Covid-19, seperti dengan mengkaji kembali pendanaan invoice yang tertunda, memberikan free akses kuota untuk aplikasi lokal dan dukungan infrastruktur berupa free data center. Harapan dari adanya kegiatan gathering online nusantara agar para pegiat startup dapat membantu usaha pemerintah dalam mengembangkan perekonomian Indonesia secara digital, memperluas jaringan dan saling dukung antar startup di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *