info@mikti.org

Home » Berita » Bantu Guru Honorer di Masa New Normal, MIKTI dan Kominfo Kerja Sama #DukungGuruDigital

Bantu Guru Honorer di Masa New Normal, MIKTI dan Kominfo Kerja Sama #DukungGuruDigital

Penetapan status pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional oleh pemerintah serta kebijakan memulai masa transisi menuju new normal membuat kehidupan di berbagai aspek harus ikut menyesuaikan. Tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar di sekolah yang kini berpindah ke rumah pun ikut diperpanjang guna mengurangi risiko penularan Covid-19.

Meski program belajar dari rumah melalui daring atau online sudah dilakukan sejak awal datangnya wabah corona di Indonesia, hal itu bukan berarti langsung membuat program berjalan baik. Kenyataan di lapangan, masih ada sejumlah kendala yang menghambat jalannya proses belajar jarak jauh antara guru dan siswa dari kediamannya masing-masing.

Seperti keterbatasan pengetahuan maupun keterampilan guru dalam menggunakan berbagai perangkat keras maupun perangkat lunak untuk menjalankan pembelajaran secara jarak jauh. Selain itu, karena alasan ekonomi tak jarang guru mengaku berat untuk membiayai pembelajaran melalui daring yang memerlukan kuota internet.

Hal ini berkesesuaian dengan data UNESCO dan Badan Pusat Statistik — tahun 2019, di mana terdapat 80% guru Indonesia yang tidak memiliki akses internet yang baik, sebanyak 89,9% guru tidak menguasai sistem pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan terdapat 68 juta siswa yang terganggu saat proses belajar mengajar.

Melihat hal ini, para pegiat startup bersama Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) melakukan gerakan #DukungGuruDigital agar para guru tetap bisa mengajar siswa Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Melalui gerakan tersebut nantinya para guru akan diberikan layanan berupa donasi kuota internet dan pendampingan pembelajaran TIK oleh relawan yang mendaftar di gerakan #DukungGuruDigital.

MIKTI bersama beberapa pihak seperti Yayasan Benih Baik, Mandiri Capital hingga Kementerian Informasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) bekerja sama mendukung gerakan #DukungGuruDigital dengan tujuan agar para guru honorer tetap dapat mengajar di tengah pandemi Covid-19 dan persisapan mengajar di masa new normal.

Donasi yang terkumpul dari gerakan #DukungGuruDigital disalurkan untuk menunjang pembiayaan akses internet kepada para guru honorer maupun guru yang tidak disubsidi kuota oleh pihak sekolah. Serta mereka para guru yang sudah mendaftarkan diri dalam gerakan #DukungGuruDigital.

Selain donasi kuota internet, gerakan ini juga menghimpun relawan untuk mendampingi para guru dalam mempelajari TIK terkait pendidikan daring. Sehingga guru bisa langsung bertanya atau mendapatkan bantuan teknis ketika mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Misalnya, dengan menyiapkan tutorial menggunakan platform video call, membuat spreadsheet, atau mengajarkan cara interaksi dengan murid melalui platform digital. Hal in memang terlihat mudah, namun nyatanya masih banyak guru-guru yang mengalami kesulitan.

Diketahui, pada Selasa (5/5) MIKTI mengadakan penyambutan bagi para relawan gerakan #DukungGuruDigital yang akan mendampingi para guru melakukan proses pembelajaran secara daring/digital. Terdapat 45 relawan yang mayoritas merupakan mahasiswa yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari berbagai universitas di Indonesia. Mereka menjadikan pendampingan guru digital dalam gerakan #DukungGuruDigital menjadi program KKN mereka.

Sementara itu pada Jumat (15/5) MIKTI menyalurkan anggaran layanan kuota internet pada gelombang pertama kepada 59 guru yang sebagian besar adalah guru honorer dan sudah terverifikasi dan terdaftar dalam gerakan #DukungGuruDigital. Setiap guru mendapatkan pulsa kuota internet senilai Rp100.000.

Selanjutnya MIKTI dengan beberapa pihak yang sudah melakukan kerja sama seperti Kominfo, BenihBaik, dan Mandiri Capital, akan terus menyalurkan serta memberikan layanan kuota internet dan pendampingan pembelajaran digital lebih luas lagi kepada para guru honorer yang tedampak Covid-19 guna memperlancar proses belajar mengajar di tengah era new normal.

Diharapkan dengan adanya gerakan #DukungGuruDigital sinergi antara pegiat startup, penikmat di bidang pendidikan dan industri digital beserta MIKTI akan mendukung usaha pemerintah dalam mengurangi dampak Covid-19 pada sektor pendidikan di Indonesia.

Ikuti Instagram MIKTI Indonesia untuk Informasi Lanjut:

IKUTI INSTAGRAM INFOMIKTI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *